Kupu kupu putih - Orgonite & Kristal

Kupu kupu putih - Orgonite & Kristal

Senin, 25 November 2013

Mengenal batu permata (3)

Emerald

EMERALD May’s birthstone
Major Sources Afghanistan, Brazil, China, Colombia, Pakistan, Russia, Zambia & Zimbabwe
Colors Found Green
Family Beryl: Be3Al2Si6O18
Hardness 7.5–8
Refractive Index 1.56–1.60; Uniaxial (–)
Specific Gravity 2.68–2.74
Crystal System Hexagonal
Enhancements May be enhanced

Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Batu Zamrud / Emerald

Warna (color): Warna pada zamrud sangat menentukan kualitas pada sebuah zamrud. semakin hijau warna pada sebuah zamrud maka harganya akan semakin mahal. Yang paling penting untuk menentukan kualitas Batu zamrud adalah warnanya. Warna terbaik untuk zamrud adalah intens hijau terang yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu pucat.

Potongan (cut): Dalam melakukan pemotongan sebuah batu zamrud lebih baik diserahkan kepada yang lebih profesional, karena potongan sebuah zamrud dapat mempengaruhi nilai dan harga zamrud. Harga dan nilai sebuah zamrud juga ditentukan oleh kualitas potong tersebut. Akan baik dipotong zamrud dan mencerminkan jumlah maksimum cahaya. Zamrud dipotong model (shape) Emerald lebih mahal daripada dipotong Cabochon.

Kejelasan (clarity): sebuah batu zamrud memiliki kejernihan yang berbeda. semakin jernih atau jelas dalam sebuah batu zamrud maka nilai dan harganya akan semakin meningkat. bahkan yang paling utama dalam penentuan nilai , kualitas dan harga sebuah zamrud ditentukan pada kejernihannya (clarity).

Hampir semua emerald / zamrud alam memiliki jumlah keadaan mendung atau kelemahan internal, yang disebut inklusi. Hal ini dapat diterima untuk zamrud memiliki kurang sempurna kejelasan dan nilai zamrud itu tidak lebih rendah. Namun, ada perbedaan yang signifikan dalam zamrud yang memiliki banyak disertakan, atau sangat berawan sehingga mereka kehilangan transparansi mereka.




Yellow Sapphire


Penamaan Batu permata Sapphire mengikuti warnanya, sapphire yang berwarna kuning diberi nama Yellow Sappire. Dibandingkan dengan Sapphire berwarna lainnya, Sapphire kuning lebih umum dan banyak ditemukan. Yang bernilai mahal memiliki warna Strong Light Yellow atau Strong Oranye Yellow, dan yang murah berwarna Kuning pucat.

Bagi Anda Kolektor batu Mulia, sapphire kuning layak dimiliki karena warnanya yang Indah.

Bagaimana cara mengujinya??? sama dengan batu-batu permata lainnya, harus melalui beberapa tahap yang perlu diperhatikan dalam membeli batu permata adalah keasliannya kemudian dilihat natural atau Sintetis, lihat juga ukuran caratnya. Kejernihan serta tranparancy juga sangat mempengaruhi harga batu permata.


Mirah atau Ruby


Stone name RUBY
Major Sources Afghanistan, Burma, Cambodia, India, Kenya, Madagascar, Mozambique, Sri Lanka, Tajikistan, Tanzania, Thailand & Vietnam
Colors Found Red
Family Corundum: Al2O3
Hardness 9
Refractive Index 1.76–1.78; Uniaxial (–)
Specific Gravity 3.97–4.05
Crystal System Trigonal
Enhancements May be enhanced

Anda Penggemar batu permata, miliki batu permata Ruby ini, disamping warnanya yang bagus juga melambangkan keberanian.

Batu mirah (Ruby) adalah batu mulia jenis mineral corundum sama seperti batu mulia sapphire. Namanya berasal dari kata Yunani “ruber” yang artinya merah. Batu mirah atau ruby terbuat dari alumunium oxide dan warna merahnya diakibatkan adanya campuran dari chromium. Nilai keras batu mirah adalah 9 dalam daftar keras Mohs dan berat jenisnya 3,99 sampai 4.

Warna batu mirah tidak selalu merah tetap tetapi ada juga yang berwarna merah kekuning-kuningan atau jingga, merah keungu-unguan ataupun merah muda, tetapi dari semua itu yang paling berharga atau dicari yaitu merah. Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi.

Batu mirah yang berkualitas tinggi bisa menyaingi intan dalam segi harga dikarenakan mereka lebih langka dari intan. Jika batu mirah dipanaskan sampai dengan 1000 celsius maka warnanya akan menjadi merah muda dan akan balik seperti warna semula lagi (merah) kalau sudah dingin. Salah satu batu mirah yang paling hebat berasal dari Birma, yaitu “Lord of the Rubies” yang besarnya sebesar telur burung merpati.

Permata yang satu ini kelihatan Indah karena warnanya yang merah, kelihatan lebih berani dan Indah seperti mawar.

Ciri-ciri yang tampak adalah :

1. ciri yang tampak dari Ruby adalah warna, ruby berasal dari kata rubens yang berarti merah.

2. Fingerprints seperti tampak ada sidik jari, ini adalah ciri khusus pada ruby dan safir, hanya warna yang membedakannya.

Moissanite


Synthetic Moissanite adalah permata yang sangat keras dan brilian diproduksi oleh manusia. Ditemukan pertama kali oleh ilmuwan yang bernama Henry Moissant.

Moissanite secara alami dalam asteroid dan meteorit, para ilmuwan hanya mulai memproduksi tiruan permata Moissanite pada akhir-akhir ini.

sangat berkilau bahkan lebih dari berlian, Moissanite memiliki kekerasan sebesar 9,25 skala Mohs. Sementara harga Moissanite jauh lebih murah daripada berlian, hanya sekitar 10% dari harga berlian

Dengan mata telanjang, Moissanite hampir tidak bisa dibedakan dari berlian. Di bawah alat pembesar 10x sangat mudah untuk membedakan dari berlian karena pembiasan ganda, sehingga terlihat bayangan garis lebih tebal

Moissanite tidak bisa dibedakan dengan berlian jika pengujiannya hanya mengandalkan Diamond Selector, perlu alat test dual tester untuk membedakannya.

American diamond


Permata ini menyerupai berlian, karena memang dibuat untuk maksud itu, kilaunnya sangat cemerlang, hal ini karena disebabkan oleh indeks bias yang sangat tinggi. Walaupun cemerlang kilauannya permata ini sangat murah karena jumlahnya yang sangat banyak. American Diamond biasa disebut Zircon, rumus kimianya ZrO2. Dalam skala Mohs kekerasannya mencapai 8,3.

American diamond mudah dibedakan dari berlian karena :

1. Tidak bereaksi dengan Diamond selector, lampu indikator tidak naik dan tidak berbunyi layaknya berlian.
2. Warna pelangi yang lebih banyak dan terlihat jelas, ini yang lebih mudah membedakannya.

3. Digores dengan jarum uji berlian juga akan mudah tergores.

4. karena Harganya murah makan banyak beredar di pasaran.

5. Warna Zircon bermacam-macam, hampir semua warna ada.

American Diamond adalah Zircon Natural berbeda dengan Synthetic Cubic Zirconia.


King safir


King Safir sangat dikenal oleh para pecinta batu permata, batu permata jenis ini adalah type dari permata Sintetis, artinya dibuat dilaboratorium bukan terbentuk secara alami. Biasanya batu permata ini terbuat dari batu safir asli kemudian dipanaskan hingga mencair kemudian dibekukan.

Bahan material penyususunnya sama antara yang natural dengan yang Sintetis, sehingga bila diuji dengan alat elektronik tidak bisa dibedakan, hanya serat seratnya yang membedakan.

King safir akan terlihat lebih jernih birunya dan merata, Jika dilihat dengan alat pembesar akan terlihat adanya gas burble atau gelembung gas.

Walaupun bahan dasar penyusunnya sama AL2 o3 , King safir harganya lebih murah daripada yang Natural.

Karena king Safir harganya lebih murah dari yang Natural maka sebelum Anda membeli perlu dikenali batu yang Anda beli apakah Natural atau Sintetis.


Cat’s Eye


Batu permata memang sangat unik dan indah, fenomena-fenomena yang muncul juga sangat indah.

Phenomena pada batu permata adalah efek khusus yang muncul dan tampak pada permukaan batu permata.

Phenomena Cat’s Eye penomena seperti garis putih pada bagian tengah batu permata, penyebabnya adalah kehadiran inklusi-inklusi yang sangat halus dekat permukaan yang terkena pantulan lampu.

Banyak jenis batu permata yang mempunyai fenomena Cat’s Eye ini, harganya pun beda-beda. Anda harus waspada jangan sampai Anda membeli dengan haga yang tidak wajar.

Batu permata Cat’s Eye Alaexandrite biasanya yang lebih mahal dari pada cat eye lainnya.

Cat’s eye Alexandrite dari jenis batu Chrysoberyl, ada juga cat eye dari batu permata oval dan harganya terpaut jauh.


Saphire Sintetis


Karena Saphire termasuk permata yang berharga maka ada tiruannya, banyak orang yang sengaja meniru untuk Fashion atau untuk mengambil keuntungan dengan cara yang kotor. Saphire ada juga yang dibuat di Laboratorium.

Jenis Saphire Sintetis

1. King Sapphire : Untuk Synthetic Blue Sapphire

2. American Star : Untuk Synthetic Star Sapphire atau Synthetic Star Ruby

3.Siam Kipas : Untuk Synthetic Ruby.


Batu Permata Saphire


Batu permata Shapire termasuk salah satu batu yang paling dikenal oleh masyarakat, Karena keindahannya serta kerasnya batu tersebut.

Saphire termasuk dalam Family Corundum bersama batu Ruby, mempunyai kekerasan 9 dalam skala Mohs.

Saphire mudah dikenali secara kasat mata, dari Inklusi yang ada dalam batu tersebut atau dari penomena yang tampak.

Saphire biasanya mempunyai ciri sidik jari pada permukaannya, kadang juga seperti bulu.

Sidik jari atau Finger Print adala ciri khusus yang melekat pada batu permata Saphire.

Disamping ciri di atas masih ada ciri yang lain, yaitu Star (ster)


Jade atau Batu Permata GIOK


JADE One of the toughest gems
Major Sources Canada (BC), China, New Zealand, Russia, Taiwan
Colors Found Blue, brown, cream, green, gray, lavender, red, white & yellow
Family Amphibole: Ca2(Mg,Fe)5(Si4O11)2(OH)2
Hardness 6 to 6.5
Refractive Index 1.60–1.63
Specific Gravity 2.90–3.03
Crystal System Monoclinic (aggregate)
Enhancements May be enhanced

Giok atau jade adalah sejenis batu "permata hijau" adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Cina dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan.

Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk.

Dalam sejarahnya, batu giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk patung Buddha, patung naga dan patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau.


ZIRCON PERMATA TIRUAN BERLIAN


Zircon, Permata yang sangat populer, karena sering melekat pada perhiasan. Permata ini merupakan tiruan berlian, untuk warna yang putih sekilas hampir sama. Harga Zircon sangat murah jika dibandingkan dengan harga berlian.

Cara membedakan Zircon sama berlian sangat mudah, karena permata ini tidak merespon Diamond Selector , Jika dilihat dari mahkota juga tembus pandang bagian belakang ( culet) akan sangat mudah terlihat. Bila ditaruh di atas koran maka tulisan akan terlihat sedangkan berlian tidak.

Zircon adalah sebentuk mineral “zirconium silicate” sangat terkenal dan popular sebagai salah satu jenis batu permata berkulitas terkelompok dalam group crystal tetragonal. Variasi warna tersebar mulai dari warna biru, merah, coklat, hijau, kuning dan orange, colorless zircon mempunyai kemampuan memecahkan sinar putih menjadi berbagai spectrum warna oleh karena itu white zircon sering dipakai sebagai tiruan berlian.

Zircon yang berkualitas tinggi mempunyai luster yang menyerupai diamond/berlian (Adamantine luster).

Zircon berbeda dengan syntetic cubic Zirconia, Zircon adalah natural sedang Syntetic cubic Zirconia adalah buatan di laboratorium.


Amethys dan Citrine


Amethys dan Citrine keduanya adalah batu Quartz (kuarsa), hanya warna yang membedakannya. Quartz ditemukan di berbagai tempat dan berbagai warna. Mulai dari yang tembus sinar hingga tidak tembus sinar.

Quartz yang berwarna putih disebut Rock Crystal seringkali digunakan untuk pengobatan terapi kristal.

Sifat-sifat Quartz

Unsur Kimiawi SiO2

Susunan bentuk kristal Trigonal

Tingkat kekerasan 7 skala Mohs

Berat janis 2,64 – 2,66

Indeks Bias 1,544 – 1.553.




KALIMAYA


Batu Kalimaya memiliki warna yang kas, seperti bunga-bunga. Sekilas tampak seperti Plastik namun sebenarnya adalah batu yang berurat. Batu Kalimaya sering disebut Oval. Batu ini dihasilkan di daerah Lebak Banten.

Kekhasan yang nampak dari batu Kalimaya adalah terdapatnya sejumlah titik-titik sinar yang nampak di batu. Warga dan pencari batu setempat, menyebut kemilau titik-titik sinar di batu dengan sebutan "kembang".

Bentuk keindahan kembang-kembang di dalam batu itulah, yang membedakan batu Kalimaya dengan batu mulia lain. Warna batu Kalimaya juga bermacam-macam, hitam, putih, merah, hijau, biru, dan semuanya ditumbuhi kembang-kembang. Harga batu Kalimaya yang sudah jadi bervariasi, tergantung kemilau batu, keindahan yang terpancar, bentuk dan ukurannya.

Mungkin karena batu ini ditemukan di sungai Kalimaja maka dinamakan kalimaya.

Harga Batu kalimaya bisa sekitar 200 ribu s.d 500 ribu sesuai kualitas .


Padparadscha


Padparadscha sebutan untuk batu permata yang berwarna perpaduan antara warna Pink dengan Warna Oranye. Perpaduannya harus merata, Bila terlalu banyak Pink nya atau terlalu banyak Oranye nya tidak bisa dikatakan Padparadsca.

Padparascha adalah batu permata Sappire yang berwarna merah Pink yang mendekati oranye, karena memang perpaduan dari kedua warna tersebut. Bila terlalu merah maka disebut Ruby.

Konon batu Sapphire Padparascha berasal dari Srilanka, dan konon juga batu ini yang paling mahal diantara batu Sapphire lainnya.

Perlu diingat kalau Sapphire satu keluarga dengan Ruby, kekerannya 9 skala Mohs. dan umumnya harga Ruby lebih mahal dari Sapphire


Aquamarine


AQUAMARINE March’s birthstone
Major Sources Afghanistan, Brazil, Madagascar, Mozambique, Namibia, Nigeria, Pakistan, Tanzania, & Zambia
Colors Found Pastel blue to bluish green
Family Beryl: Be3Al2Si6O18
Hardness 7.5–8
Refractive Index 1.56–1.60; Uniaxial (–)
Specific Gravity 2.68–2.74
Crystal System Hexagonal
Enhancements May be enhanced

Aquamarine, seperti dengan namanya batu permata ini berwarna biru laut, termasuk dalam Family beryl. Ciri-ciri sama dengan batu emeral atau zamrud hanya warna yang membedakan



Sumber: https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.375521595850728&type=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar